Proses Pengembangan Organisasi (Organization Development)

Menurut Cummings (1989), pengembangan organisasi adalah suatu aplikasi konsep atau teori dengan menggunakan suatu sistem di mana konsep-konsep ilmu pengetahuan digunakan untuk mengembangkan organisasi secara terencana dan dengan menggunakan semua strategi yang dimiliki organisasi untuk meningkatkan efektivitas kinerja organisasi. Selanjutnya, Cummings (1989) juga menyatakan bahwa konsep (ilmu pengetahuan) di dalam pengembangan organisasi itu pada dasarnya merupakan faktor-faktor yang membedakan pengembangan organisasi dengan pendekatan lain dalam kaitannya dengan peningkatan kinerja organisasi.

Sementara itu Tyagi (2000) mengajukan pendapatnya, bahwa pengembangan organisasi sebagai suatu usaha yang terencana, sistematis, terorganisasikan, dan lebih bersifat kolaboratif antara prinsip pengetahuan tentang perilaku dan teori organisasi dipadukan dan diaplikasikan (integreated and aplicated) guna meningkatkan kualitas kehidupan organisasi yang tercermin pada peningkatan kesehatan dan vitalitas organisasi. Pendapat Tyagi ini hampir sama dengan pendapat pakar organisasi yang lebih dulu disebutkan, hanya Tyagi lebih memfokuskan pada hasil (outcome) dari OD, yaitu intensitas komunikasi internal organisasi yang meningkat, kompetensi dan harga diri anggota kelompok yang semakin baik, dan adanya pengakuan dari masyarakat bahwa organisasi tersebut telah semakin baik dalam kinerjanya.

Proses pengembangan organisasi mengidentifikasi area operasi perusahaan di mana perubahan dibutuhkan. Setiap kebutuhan dianalisis, dan efek potensial diproyeksikan menjadi rencana manajemen perubahan. Rencananya menguraikan cara-cara tertentu di mana perubahan akan meningkatkan operasi perusahaan, yang akan terpengaruh oleh perubahan dan bagaimana hal itu dapat diluncurkan secara efisien kepada karyawan. Tanpa pengembangan organisasi sebagai bagian dari manajemen perubahan, perusahaan akan memiliki waktu yang sulit mengembangkan program manajemen perubahan yang efektif.

Pengembangan organisasi atau Organization Development (OD) merupakan pendekatan situasional atau kontingensi untuk meningkatkan efektifitas perusahaan. Meskipun berbagai teknik banyak digunakan, pada prosesnya sering melibatkan tahapan yang ditunjukkan seperti pada gambar berikut:

Penemuan masalah > Mendiagnosa > Mengumpulkan, menganalisa, memberikan umpan balik informasi yang telah didiagnosa > Merancang intervensi > mengelola perubahan > Mengevaluasi & pengukuran

Komentar