Analisis SWOT dan Matrik TOWS


Matrik SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threat) merupakan analisis yang dipakai untuk menyusun strategi perusahaan. Matrik ini menggambarkan bagaimana kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi dapat mengeksploitasi peluang dan meminimalisasi dampak ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan.


Matriks ini dapat menghasilkan empat kemungkinan alternatif isu strategis, yaitu:



  • Strategi Strength-Opportunity (SO) 
Strategi ini menggunakan semua kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan atau organisasi untuk mengeksploitasi kesempatan yang ada. Kuadran ini mendukung penggunaan strategi yang bersifat agresif (expansion). Strategi ekspansi ini misalnya ditandai dengan adanya market penetration, market development, product development, integration, merger, acquisition, joint venture, dan strategic business alliance.

  • Strategi Weakness-Opportunity (WO) 
Strategi ini bertujuan untuk menutupi kekurangan yang dimiliki perusahaan dengan memanfaatkan peluang atau kesempatan yang ada. Kuadran ini mendukung penggunaan strategi yang bersifat stability, yaitu strategi yang bertujuan untuk menyeimbangkan situasi dan kondisi di organisasinya. Strategi stability ini misalnya ditandai dengan adanya market penetration, market development, dan product development.

  • Strategi Strength-Threat (ST)
Dengan strategi ini, kekuatan yang dimiliki perusahaan atau organisasi akan digunakan untuk mengurangi atau meminimalisir ancaman yang datang dari luar. Kuadran ini mendukung penggunaan strategi yang bersifat combination dengan melakukan diversifikasi produk yang dihasilkan.

  • Strategi Weakness-Threat (WT) 
Strategi ini hanya digunakan sebagai tindakan yang bersifat defensive, dengan berusaha meminimalkan kelemahan yang dimiliki serta menghindari ancaman.

    Komentar