Gadget yang Sebaiknya Dibawa Traveling

Dewasa ini, dunia semakin canggih dengan adanya gadget. Apalagi semakin banyaknya mobile device yang bisa dibawa kemana-mana. Hal ini memudahkan untuk para traveler membawa gadget kesayangannya.

Gadget sangat penting bagi traveler untuk mendapatkan berbagai informasi, hiburan, navigasi (peta digital penunjuk arah), dll. Oleh karena itu perlu dibawa gadget yang nggak bikin ribet.

Berbagai gadget seperti laptop, tablet, handphone, music player sangat beraneka ragam. Bukan cuma untuk entertainment saat bosan saat traveling, tapi untuk sarana komunikasi. Kadang, kita ingin terbebas dari penatnya komunikasi sehari-hari. Tapi kita harus tetap open minded bahwa komunikasi itu penting.

Membawa gadget untuk traveling, perlu dipikirkan berdasarkan kebutuhan dan urgensinya. Berikut beberapa gadget dan perlengkapannya yang menurutku penting untuk dibawa traveling.

1. SMARTPHONE
Berbagai macam smartphone yang ada dengan segudang fitur dan aplikasi bisa menunjang perjalanan. Misal kamera, internet browsing, peta, music player, dll. Yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan batrai. Jika kita menggunakan secara intens, pastinya akan cepat low battery.



2. BATTERY POWER BANK
Ketahanan batrai dari gadget yang kita bawa perlu kita antisipasi dengan power bank. Jangan sampai saat kita memerlukan gadget untuk traveling, tiba-tiba mati karena batrai habis. Apalagi banyak power bank yang dapat digunakan untuk beberapa merek gadget. Lebih baik, sedia payung sebelum hujan saat kita jalan-jalan.

3. TABLET
Jaman sekarang laptop sudah kurang mobile, karena kehadiran tablet. Tablet memiliki fungsi yang sama atau bahkan lebih baik daripada laptop/notebook. Tablet memiliki kamera, layar sentuh dan dimensi yang lebih tipis. Yang paling oke adalah bisa dibawa lebih mudah. Sangat cocok untuk travel writer.

4. CAMERA
Mengabadikan momen saat traveling itu sangat penting buatku. Karena, sebuah momen mungkin nggak akan terulang untuk kedua kalinya. Kamera sebenarnya bisa digantikan oleh handphone. Tapi pastinya ada kenyamanan yang bisa di dapat dari kamera. Saya lebih memilih digital camera pocket ketimbang kamera SLR. Karena alasan ukuran dan berat. Yang penting fungsinya sama. Tinggal kita milih spesifikasi kamera yang kita inginkan.

5. MULTI TYPE PLUG
Multi type plug yang saya maksud disini adalah sambungan colokan listrik yang memiliki tipe berbeda-beda disetiap negara. Sekarang telah banyak dijual di toko alat listrik yang portable/dapat dilipat. Ini penting untuk keperluan kelistrikan dan batrai gadget.

6. KABEL CHARGER
Siapkan semua charger yang dibutuhkan dengan gadget yang kita bawa. Misal kabel charger laptop atau handphone atau tablet camera, dll. Percuma kalau kita udah bawa gadget tapi gak ada energi dayanya.

7. JAM TANGAN
Koleksi jam tanganku
Jam tangan ini memang merupakan hal yang paling penting. Karena menurutku, waktu adalah segalanya. Terbiasalah untuk tepat waktu. Kita bisa aware sama waktu dengan jam tangan. Agar jadwal traveling kita bisa tepat sesuai dengan rencana yang telah kita tentukan. Apalagi, jika traveling ke negara maju (developed country). Semakin maju negaranya, tingkat disiplinnya semakin baik. Otomatis, semakin tepat waktu. (dep)

Komentar