Going Abroad is Priceless



Ke luar negri gak butuh duit? Wah rasanya jangan berharap haha. Banyak orang atau bahkan pelajar yang pingin banget untuk pergi ke luar negri, jadi banyak juga yang nyari beasiswa dengan harapan bisa pergi ke luar negri gratis-tis-tis...

Saat ini banyak paradigma ke luar negeri itu mahal, sehingga sangat berharap kalo dapat beasiswa bisa pergi tanpa ngeluarin biaya sepeserpun. Menurutku itu mindset yang salah. Alias gak mungkin, kita gak nyiapin duit saat kita pergi. Mari kita lihat...

Misal kita sudah ada tujuan bahkan dapet beasiswa. Banyak scholarship atau fellowship yang gak ngasih 100% full. Jadi tetep harus nyiapin dana untuk tujuan tersebut. Misalnya dapet scholarship living cost & program, jadi tetep harus beli tiket pesawat dan uang jajan kan?

Trus saat kita persiapan sebelum keberangkatan, perlu nyiapin ini itu dan bayar visa. Bahkan buat yang gak ada kantor embassy di kotanya, harus ke ibukota Jakarta untuk ngurus. Tentu butuh transpor dll.

Belum lagi persiapan pribadi seperti pakaian atau kebutuhan lainnya. Kalo aku yang dibutuhin biasanya adalah Tas. Tas yang efektif saat disana. Seperti koper/backpack atau tas lainnya. Belum lagi kebutuhan lainnya yang kemungkinan dibutuhkan seperti payung atau makanan dll. Apalagi kalo anak cewek, pasti lebih banyak, kayak kosmetik dll.

Terus pricelessnya dimananya? Pengalaman! Dulu waktu pertama kali aku pergi ke luar negri (ke Malaysia), wah lumayan dapet banyak banget pengalamannya. Seperti bersosialisasi dengan orang sekitar, ke attraction place, tempat wisata dll. Kita bisa dapet pengalaman lebih jika kita memilih perjalanan yang merakyat dengan warga sekitar.

Aku lebih memilih perjalan yang experiencing. seperti mencoba hal baik yang baru. Misalnya, mencoba kuliner khas, yang jelas-jelas gak ada di home town ku dan tempat wisata.

Seperti mengutip sebuah quote dariku

You've never been to Paris, France yet, if you didn't see Eiffel Tower (@devrypj)

Jadi, intinya, kamu belum pernah ke Paris jika kamu gak ngelihat menara Eiffel yang kondang itu. Walaupun kamu berada di kota Paris. Jadi rugi lah, masa jauh-jauh ke sana gak liat landmarknya. atau gak usah jauh jauh deh, ke surabaya kalo gak liat dolly--eh--Tugu Pahlawan yah rugi banget hahaha
Aku di Tugu Pahlawan, Surabaya

Jadi setiap berkunjung ke suatu tempat, selalu aku sempatin dateng ke landmarknya atau tempat yang jadi pembicaraan wisata. Sekedar foto di depannya gak perlu bayar kan... cuma modal camera yang dibawa. Tapi emang gak dipungkiri, untuk hanya berfoto kita perlu membayar tiket masuk. Aku selalu berfikir seperti ini: Kapan lagi kesini? Masa bolak-balik lagi? Iya kalau ada kesempatan. Yeah It's kinda, moment never turns back time guys. So it's really Worthy bucks for worthiness.

Kadang banyak orang Indonesia yang berfikir kalau: gapapadeh yang penting murah. Padahal dalam teori misalnya, kata murah itu relatif dan dibaliknya terdapat udang--eh--mengandung sesuatu. 

Sesuatu apa? Harga atau cost itu memiliki trade off dengan kualitas, waktu dan resources. Sekarang gini contohnya. Aku di Surabaya mau ke Bali. Kalau mau cepet ya naik pesawat, energi gak terkuras tetapi harga lebih mahal daripada naik bus yang kurang nyaman. Jadi sebenernya kita membayar untuk hal yang sama atau equal.

Kesimpulan yang sudah aku paparkan diatas adalah, sedapet-dapetnya gratisan untuk pergi abroad, pasti ada jutaan rupiah yang harus kita persiapkan. Kalo kita udah ada di negara yang punya landmark yang uda terkenal, sempatin deh kesana supaya gak rugi atau nyesel waktu uda balik ke homecountryExplore experience yang bisa didapat. Kita bisa ngedapetin pengalaman berharga yang belum tentu orang lain ngedapetin pengalaman itu. Sekecil apapun.
Mari menabung :D


Traveling is precious and worthy priceless! (dep)



Komentar